3 Langkah Cepat Atasi Luka Bakar Pada Anak

Luka bakar pada anak. Semua orangtua pastinya setuju, kalau anak yang sehat yaitu anak yang aktif. Jadi, kadang kala saking aktifnya si kecil, maka mereka cenderung sembrono. Dan hal ini sangat wajar, karena umumnya mereka memang belum mengetahui hal mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang aman dan mana yang bisa membahayakan diri mereka.

Dan salah satu kasus yang memang kerap kali dialami oleh anak-anak diusianya yang masih aktif yaitu bermain api sampai terkena luka bakar pada anak sehingga Anda harus memberikan obat bekas luka bakar pada anak.

Nah, untuk berjaga-jaga, maka sebaiknya Anda mengetahui cara atau bahkan tips untuk mengatasi luka bakar pada anak serta cara untuk menghilangkan bekas luka bakar tersbeut. Dan di bawah ini ada langkah cepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersbeut, yaitu sebagai beikut:

  1. Jenis Luka Bakar

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi luka bakar pada anak, maka sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang luka bakar itu sendiri. Dan ternyata luka bakar memiliki 3 jenis, dan itu tergantung pada tingkat keparahan luka bakar tersbeut, yaitu:

  • Tingkat 1 biasanya menimbulkan warna kemerahan dan bengkak kecil pada kulit.
  • Tingkat 2 ditandai dengan kulit yang melepuh dan bengkak.
  • Tingkat 3 ditandai dengan terkelupasnya kulit sampai berwarna putih.

Nah, itu dia beberapa tingkatan luka bakar yang memang sering terjadi pada si kecil.

  1. Step by Step Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Nah, jika si kecil mengalami luka bakar, maka Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

  • Ketika si kecil mengalami luka bakar, maka Anda dianjurkan untuk segera menyiram luka bakar tersebut dengan menggunakan air dingin. Ingat! Jangan menggunakan es, karena bisa memperlambat proses pemulihan.
  • Segeralah guyur bagian kain yang memang ikut terbakar dan segera lepaskan dari tubuh si kecil. Jika ada kain yang menempel pada luka, jangan coba untuk ditarik, tapi guntinglah bagian tersebut tanpa harus menyinggung luka.
  • Anda bisa menutup luka tersebut dengan menggunakan kain kasa yang steril atau bahkan handuk kering yang bersih dan segeralah berikan salep untuk luka bakar.
  • Ingat! Anda juga tidak dianjurkan untuk mengoleskan mentega, minyak atau bahkan bedak pada luka bakar yang dialami oleh si kecil, karena hal tersebut hanya akan memperparah luka bakar.
  1. Tindakan lanjut

Setelah Anda melakukan pertolongan pertama pada anak yang mengalami luka bakar, selanjutnya Anda tinggal menunggu reaksi yang dipancarkan dari luka bakar tersebut. Jika memang luka tersebut tak kunjung sembuh dan malah semakin parah, maka Anda bisa segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517