3 Kebutuhan Nutrisi Pokok yang Harus Terpenuhi Dengan Baik

Kebutuhan nutrisi untuk tubuh adalah salah satu hal wajib yang harus dipenuhi dengan baik. Kekurangan asupan nutrisi akan berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan asupan nutrisi dalam bentuk makronutrien dan mikronutrien. Selain itu, tubuh juga membutuhkan komponen lain yang disebut dengan istilah fitonutrien.

Ketiga jenis nutrisi tersebut merupakan fondasi dasar yang sangat penting untuk tubuh. Lalu apa saja manfaat nutrisi tersebut dan dari maka kita bisa memperolehnya? Berikut ini simak ulasan lengkapnya.

1. Mikronutrien

Mikronutrien adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh hanya dalam jumlah sedikit. Namun meskipun demikian, kebutuhan nutrisi tersebut tidak boleh disepelekan karena jika asupannya tidak terpenuhi bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Perlu Anda ketahui bahwa mikronutrien tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus dipenuhi melalui asupan makanan. Nah, mikronutrien tersebut meliputi vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari jenis makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh meliputi vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin C, vitamin E, mineral zinc, kalsium, iodium, magnesium dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan tubuh sehingga jika tidak terpenuhi bisa mengakibatkan gangguan.

2. Makronutrien

Zat gizi ini dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat banyak untuk menyediakan energi pada proses metabolisme tubuh dan proses pertumbuhan. Zat gizi tersebut meliputi protein, lemak da, karbohidrat. Dalam satu gram karbohidrat akan menghasilkan empat kalori dan didalam Sembilan kalori akan menghasilkan satu gram lemak.
Karbohidrat merupakan salah satu komponen makronutrien yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Hal ini karena karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan organ tubuh seperti otak, jantung, ginjal, dan beberapa bagian tubuh lainnya untuk beraktivitas.

Disamping itu, protein dibutuhkan oleh tubuh sekitar 10-35% kalori yang dibutuhkan setiap hari. Peran penting protein yaitu untuk proses pertumbuhan sel-sel tubuh, bahan baku hormone dan enzim serta untuk meningkatkan imun tubuh. Sumber makanan yang menyediakan protein yaitu ikan, telur, susu, keju dan kacang-kacangan.

Lemak baik dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi serta memantu penyerapan vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Selain itu lemak baik berguna untuk membantu pembentukan membrane sel. Sumber makanan yang menyediakan unsure lemak baik yaitu telur, kacang-kacangan, daging ayam, minyak zaitun dan daging sapi.

3. Fitonutrien

Fitonutrien berfungsi untuk melindungi kesehatan tubuh. Fitonutrien bukan merupakan zat esensial yang harus dikonsumsi seperti halnya vitamin dan mineral. Fitonutrien berupa resveratrol, flavonoid, karotenoid dan fitoestrogen.

Adapun resveratrol terdapat pada anggur yang bisa mencegah penyakit kanker, flavonoid ditemukan pada buah beri. Karotenoid terdapat pada buah dan sayur. Sedangkan fitoestrogen terdapat pada kacang kedelai.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517