3 Jenis Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pada tahap awal kehamilan atau trimester pertama, ibu hamil mungkin masih bisa tidur dengan nyaman dan leluasa. Namun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan kondisi perut semakin membesar maka ibu hamil mulai merasa tidak nyaman dengan posisi tidur. Dalam kondisi seperti ini, posisi tidur ibu hamil memang harus disesuaikan dengan usia kehamilan.

Sebagian ibu hamil mungkin merasa khawatir ketika tidur dengan kondisi perut yang semakin membesar. Padahala sebenarnya Anda tidak perlu resah karena sesungguhnya janin di dalam kandungan tetap aman dan terlindung oleh cairan ketuban. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil sehingga menunjang kenyamanan untuk tidur yang berkualitas.

Nah, Berikut Ini Ada Beberapa Cara Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

  1. Posisi terlentang

Salah satu cara tidur yang baik untuk ibu hamil yaitu dengan posisi terlentang. Pada tahap awal kehamilan, posisi terlentang masih dianjurkan untuk ibu hamil. Namun ketika memasuki usia kehamilan 16 minggu sebaiknya ibu hamil tidak lagi menggunakan posisi tersebut. Hal ini karena bisa menyebabkan tekanan pada bagian punggung, vena cafa inferior dan usus. Resiko tidur terlentang ketika kondisi perut sudah membesar sangat beresiko mengakibatkan gangguan pernapasan, pencernaan, sakit pinggang, wasir dan sirkulasi darah.

Tidur terlentang ketika usia kehamilan trimester kedua dan ketiga bisa menyebabkan gangguan terhadap sirkulasi darah sehingga beresiko terhadap penyakit hipertensi dan hipotensi. Kondisi tersebut tentunya akan berdampak terhadap perkembangan janin di dalam kandungan.

  1. Posisi tengkurap

Posisi tidur tengkurap sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil. Akan tetapi ketika memasuki trimester kedua, posisi tersebut akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman karena kondisi payudara dan perut yang membesar.

  1. Posisi miring

Hingga saat ini belum ada anjuran tentang posisi tidur yang bagus untuk ibu hamil. Namun ketika usia kehamilan menginjak 16 bulan keatas maka posisi yang tepat untuk ibu hamil yaitu posisi miring. Tidur dengan posisi miring ke kiri sangat berguna untuk memperlancar aliran darah yang membawa nutrisi dari ibu hamil menuju janin. Selain itu, tidur miring ke keiri sangat efektif untuk menjaga kesehatan ginjal, membuat ibu hamil lebih nyaman dan mencegah terjadinya pembengkakan pada bagian kaki (varises).

Selain posisi tidur miring ke kiri, ibu hamil juga bisa menggunakan posisi miring ke kanan. Dalam hal ini yang terpenting adalah kenyamanan Anda sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika Anda merasa ragu dengan posisi tidur pada waktu hamil, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan. Terlebih lagi jika kehamilan Anda sedikit bermasalah atau ada kelainan pada janin yang membutuhkan perlakuan khusus.

Related Posts

Share This