3 Jenis Permainan Menyenangkan Untuk Bayi Yang Berusia 6 Bulan

Pergerakan bayi pada usia 6 bulan sudah sangat aktif bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Anda bisa melihat bagaimana jemarinya sudah memiliki kemampuan untuk menggenggam benda atau mainan dengan sangat kuat. Selain itu, keinginan bayi untuk meraih suatu benda dengan warna mencolok yang ada disekitarnya sudah sangat tinggi. Bayi senantiasa aktif bergerak dan tidak mau diam.

Permainan Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Aktivitas dan pergerakan bayi sangat bermanfaat untuk menstimulus kemampuan bayi dalam merangkak dan menggapai suatu benda menggunakan jarinya. Pada usia 6 bulan, penting sekali bagi Anda untuk menentukan jenis mainan yang tepat untuk bayi. Mainan yang diberikan harus sesuai dengan tahap perkembangan bayi dan bermanfaat untuk memberikan stimulus bagi kecerdasan otaknya. Selain itu, faktor keamanan juga harus menjadi perhatian Anda dalam memberikan mainan untuk bayi.

Berikut Ini Jenis Permainan Yang Menyenangkan Untuk Bayi 6 Bulan

Keamanan adalah salah satu faktor penting dalam memberikan mainan untuk bayi. Anda harus cermat dalam memilih jenis mainan untuk bayi. Hindari mainan yang mengandung bahan kimia berbahaya ataupun yang menggunakan bahan yang bisa melukai bayi. Selain itu, Anda juga harus senantiasa menjaga kebersihan mainan bayi supaya tidak ada bakteri tau organisme yang membahayakan kesehatan bayi.

  1. Permainan cermin

Permainan melihat bayangan menggunakan cermin merupakan salah satu permainan menyenangkan yang disukai oleh bayi. Anda bisa menggunakan cermin berukuran besar sehingga bayangan akan nampak jelas. Pertama-tama posisikan bayi untuk duduk di depan cermin sehingga bayi bisa melihat bayangannya sendiri. Hal menakjubkan yang akan Anda lihat yaitu bayi berusaha untuk menyentuh dan berusaha untuk menyesuaikan anggota tubuhnya dengan bayangan pada cermin. Untuk menambah keceriaan, Anda bisa mendampingi bayi dihadapan cermin dengan memperkenalkan satu per satu anggota tubuh pada bayi. Permainan ini bermanfaat untuk menstimulus perkembangan otak bayi.

  1. Permainan menggunakan bola

Bola adalah jenis permainan terbaik kedua yang disukai oleh bayi yang berusia 6 bulan. Sebaiknya Anda menggunakan bola yang berukuran cukup besar sehingga bisa dipegang oleh kedua tangan bayi. Selain itu, bola yang diberikan pada bayi sebaiknya menggunakan bahan yang halus atau busa. Anda bisa mengajak bayi bermain bola dengan cara duduk saling berhadapan di lantai dengan posisi kaki diluruskan. Gelindingkan bola kearah bayi dengan pelan dan perhatikan bayi akan merespon dengan menangkap bola dan mengembalikannya pada Anda. Permainan ini akan merangsang kecepatan dari respon bayi dan berguna untuk mendukung perkembangan kecerdasan bayi.

  1. Permainan bantal guling

Jenis permainan selanjutnya yang disukai bayi yaitu bermain dengan menggunakan bantal guling busa. Permainan ini sangat menyenangkan bagi bayi  karena bayi bisa merangkak dan berusaha untuk memanjat tumpukan bantal tersebut. Meskipun sesekali bayi terjatuh tapi permainan ini sangat menghibur bayi. Untuk memastikan keamanan bayi sebaiknya Anda memakai alas pada lantai dengan menggunakan kasur lantai atau matras busa sehingga ketika bayi jatuh tidak akan terjadi benturan dengan lantai.

Posisikan bayi Anda dalam posisi tengkurap diatas bantal guling kemudian letakkan mainan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari jangkauannya. Perhatikan bagaimana respon bayi dalam memperoleh mainan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi bayi dalam merespon sesuatu yang diletakkan di hadapannya.

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan yaitu jangan memberikan beberapa jenis permainan dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya Anda memberikan permainan satu per satu secara bertahap sehingga bayi akan terfokus dan berkonsentrasi dengan permainan yang Anda berikan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517