3 Jenis Obat Amandel Alami

Obat amandel alami atau tradisional bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Selain mudah didapat, obat tradisional tersebut terbilang cukup aman sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi tubuh. Obat alami bisa Anda gunakan untuk mengatasi amandel dalam tahap yang belum parah. Jika kondisinya sudah memburuk maka segera berkonsultasi dengan dokter.

Pada dasarnya amandel bukanlah sebuah penyakit melainkan kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan. Amandel terletah di sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut. Ketika anak berusia dibawah 6 tahun, amandel berfungsi untuk menangkal berbagai macam infeksi penyakit. Namun seiring bertambahnya usia maka fungsi itersebut mulai tergantikan.

Amandel yang mengalami pembengkakan harus mendapatkan penanganan yang lebih serius seperti operasi. Namun jika kondisinya masih terbilang biasa saja maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat amandel alami. Lalu apa saja jenis ramuan tradisional tersebut? Berikut ini penjelasannya!

Jenis Obat Amandel Tradisional

Amandel yang mengalami peradangan sebaiknya segera ditangani dengan menggunakan obat tradisional. Jika kondisinya masih terbilang ringan maka ramuan tradisional mampu mengatasi hal tersebut.

Mengkudu campur madu

  1. Mengkudu campur madu

Salah satu obat amandel bengkak tradisional yaitu ramuan mengkudu yang dicampur dengan madu. Mengkudu dan madu memiliki kandungan nutrisi yang bisa mengatasi pembengkakan pada amandel. Cara membuatnya terbilang cukup mudah yaitu ambil dua buah mengkudu kemudian parut dan peras. Ambil air perasan dari mengkudu tersebut dan tambahkan air panas. Biarkan hingga ramuan tersebut hangat dan beri tambahan madu secukupnya. Minumlah secara rutin yaitu 3 kali sehari untuk meredakan amandel yang membengkak.

Jeruk nipis

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang memilki kandunagn zat antibakteri. Buah yang satu ini cocok digunakan dalam mengatasi radang amandel. Untuk membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan cara memeras jeruk nipis untuk diambil airnya, kemudian tambahkan kapur sirih dan aduk hingga rata dan tercampur. Minum secara teratur dan lebih baik sebelum tidur.

Kulit manggis

  1. Kulit manggis

Ramuan tradisional selanjutnya yaitu kulit manggis. Zat-zat dan senyawa antioksidan yang terkadnung pada kulit manggis bisa melawan berbagai penyakit termasuk pembengkakan pada amandel. Untuk membuatnya yaitu dengan merebus kulit manggis, kemudian tambahkan daun mint dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah 3 jenis obat amandel alami yang bisa Anda gunakan. Jika pembengkakan pada amandel semakin parah dan tak kunjung sembuh dalam beberapa hari maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Jangan menyepelekan kodisi amandel yang membengkak kerena dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan yang lebih parah.

Jika terjadi pembengkakan amandel sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan yang pedas dan minuman dingin. Air es bisa memperparah peradangan pada amandel. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517