3 Jenis Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Memiliki bayi yang montok tentunya menjadi dambaan setiap orangtua. Segala cara dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi. Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan bergizi menjadi salah satu faktor penambah berat badan pada bayi.

Menerapkan pola makan sehat sejak dini merupakan salah satu langkah awal untuk memperoleh berat badan ideal pada bayi. Hindari memberikan makanan sembarangan pada bayi karena hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kesehatan sistem pencernaan dan juga tahap perkembangannya.

Makanan penambah berat badan bayi secara umum harus memiliki kelengkapan nutrisi seperti vitamin, protein, mineral, karbohidrat dan jenis nutrisi lainnya. Lalu apa saja jenis makanan sehat untuk bayi yang berguna untuk menambah berat badan? Berikut penjelasannya!

  1. ASI yang berkualitas

Makanan bayi penambah berat badan salah satunya yaitu dengan memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan. Pemberian ASI yang berkualitas akan berdampak baik terhadap berat badan bayi. ASI yang berkualitas bisa diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi selama proses menyusui. Disamping itu hindari aktivitas dan hal-hal yang bisa memicu stres. Gangguan psikologis bisa berdampak terhadap kualitas ASI yang dihasilkan.

  1. Sayur dan buah

Beberapa jenis buah dan sayur memiliki jumlah kalori cukup tinggi yang berguna untuk menambah bobot ubuh si kecil. Makanan tersebut bisa Anda berikan dalam tahap perkenalan MPASI. Buah alpukat adalah salah satu sumber makanan yang efektif untuk menambah berat badan bayi. Alpukat mengandung lemak tak jenuh dengan jumlah kalori yang tepat. Buah pisang juga bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menambah bobot tubuh bayi karena kandungan kalorinya tepat.

Selain buah-buahan, Anda juga bisa menghadirkan beberapa jenis sayuran untuk menambah bobot tubuh bayi. Pilihlah jenis sayuran seperti brokoli ataupun kentang. Dalam proses pengolahannya tambahkan beberapa sendok minyak zaitun. Kandungan lemak dari minyak zaitun sangat efektif untuk menambah berat badan bayi dengan baik.

  1. Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan terbaik untuk menambah bobot tubuh bayi. Gandum mengandung karbohidrat komplek yang lebih mudah untuk di cerna oleh tubuh. Kalori baik dalam gandum sangat efektif untuk membantu menambah berat badan si kecil. Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda memberikan cemilan atau makanan dengan bahan dasar gandum untuk si kecil.

Produk olahan gandum sangat beragam, salah satu contohnya yaitu roti gandum, sereal dan jenis makanan lainnya. Dalam penyajiannya, Anda bisa memberikan olahan gandum dengan campuran susu. Makanan sehat tersebut bisa meningkatkan dan menambah bobot tubuh si kecil dengan cepat.

Related Posts

Share This