3 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusui

Ibu menyusui. Menyusui buah hati merupakan salah satu momen yang sangat membahagiakan bagi sebagian besar ibu. Karena pada proses menyusui inilah akan terjalin ikatan emosi antara ibu juga buah hati Anda. Akan tetapi, proses menyusui tidak selalu menjadi hal yang mudah untuk di lakukan, karena ada beberapa diantaranya para ibu yang merasa kesulitan ketika hendak menyusui, terutama bagi ibu yang memang baru pertama kali menyusui buah hatinya.

Nah, jika Anda bingung dengan persoalan tersebut, di bawah ini ada beberapa cara atau bahkan tips agar Anda bisa menyusui dengan cara yang baik. Cara ini sangatlah penting untuk Anda pahami, agar proses menyusui menjadi hal yang jauh lebih mudah untuk Anda lakukan.

1. Kedudukan badan

Anda harus memposisikan badan Anda senyaman mungkin, bisa dengan cara duduk atau bahkan berbaring. Atau bahkan, guna menunjang kenyamanan Anda, Anda bisa menyanggah punggung, tangan atau bahkan kaki dengan menggunakan kaki. Ketika Anda bersandar, Anda harus berusaha agar Anda tidak terlalu jauh dengan si kecil, dan usahakan tubuh Anda tetap dalam keadaan tegak walau tengah menyandar pada kursi atau bahkan tembok.

Anda juga harus memposisikan mulut si kecil sedekat mungkin dengan putting payudara Anda. Karena hal ini bertujuan agar si kecil tidak harus menggerakkan kepalnya untuk mencapai putting susu. Dan sebaiknya kedudukan si kecil ada di atas lengan Anda.

2. Cara memegang bayi

Anda harus menggendong si kecil dan dekatkanlah tubuhnya dengan tubuh Anda. Letakkan si kecil untuk menghadap pada Anda, dengan posisi perut si kecil menempel dengan perut ibu, dan bagian dagu si kecil menempel pada payudara, untuk telinga juga lengan si kecil usahakan berada dalam satu garis lurus, dan mulut si kecil harus terbuka dengan lebar guna menutupi areola.

Anda juga harus memposisikan mulut si kecil di bagian bawah putting payudara, dan Anda bisa memegang bagian payudara Anda agar tidak menekan dagu si kecil. Arahkan dagu si kecil pada payudara dengan cara menyanggah bagian punggungnya. Ketika itu, hidung si kecil akan bersentuhan langsung dengan payudara, dan Anda harus bisa menyanggah leher si kecil dengan menggunakan tangan.

3. Proses menyusu

Anda bisa memerah sedikit kolostrum atau ASI Anda, lalu oleskanlah pada bagian putting payudara juga daerah sekitarnya secara merata. Dan hal ini bisa mempermudah si kecil untuk mengenali ASI juga bau dari ASI itu sendiri.
Setelah itu, Anda bisa menyentuhkan bagian putting payudara Anda pada bibir atau bahkan pipi si kecil, agar ia bisa membuka mulutnya. Setelah mulutnya membuka, masukkanlah putting hingga bagian areolanya.

Anda bisa memberikan ASI pada satu payudara, sampai ASI itu kosong sebelum Anda menggantinya dengan payudara yang satunya.

Jika si kecil menggigit putting payudara Anda, maka lepaskanlah secara perlahan dengan cara menekan bagian dagu si kecil kea rah bawah, atau bahkan Anda bisa memasukkan jari Anda siantara mulut juga payudara.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517