3 Hal Penting yang Harus Diketahui Dalam Membentuk Karakter Anak

Umumnya setiap orangtua menginginkan anak-anknya tumbuh sebagai orang yang cerdas serta memiliki perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Akan tetapi, si kecil juga tidak bisa tumbuh sendiri dan peranan orangtua sangat di butuhkan, terutama dalam membentuk karakter anak.

Seperti telah kita ketahui, bahwa karakter merupakan tabiat atau bahkan kebiasaan yang mengarahkan tindakan-tindakan seseorang. Itu artinya, karakter bukanlah suatu hal yang melekat secara alami yang ada di dalam diri seseorang, melainkan karakter ini merupakan suatu hal yang dibangun, karakter ini bisa dibangun oleh orangtua serta pendidikan anak. Oleh karena itu, seiring dengan tumbuhnya juga berkembangnya si kecil, maka karakter si kecil juga akan semakin terbentuk.

Maka orangtua pastinya memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap perkembangan, pertumbuhan serta pembentukan karakter anak. Dan terkait dengan hal tersebut, yaitu membentuk karakter anak, akan sangat tergantung pada bagaimana cara yang di lakukan orangtua dalam mendidik si kecil.

Nah, maka dari itu, Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, mengungkapkan bahwa orangtua memiliki 3 tugas dalam proses membentuk karakter anak, yaitu:

  1. Konsisten

Orangtua sangat berperan penting dalam mengembangkan karakter yang dimiliki oleh anak. Dimulai dari ucapan yang mereka lontarkan, tingkah laku mereka, serta pemikiran dalam proses mengolah rasa. Oleh karena itu, jika Anda sebagai orangtua ingin menciptakan serta membentuk karakter yang positif, maka harus dimulai juga dengan usaha yang konsisten.

Dalam pendidikan anak, terutama dalam membentuk karakter anak, alangkah lebih baik jika orangtua sesuai dengan aturan yang di jalankan. Anda harus berusaha untuk tidak menarik ulur apa yang telah Anda tetapkan. Hal ini dilakukan agar anak dapat mengerti. Dan sikap tegas dalam hal ini sangat di butuhkan.

  1. Berkelanjutan

Berkelanjutan atau bahkan berkesinambungan dalam hal ini sangat erat hubungannya dengan konsisten. Hal ini dilakukan agar pembentukan karakter anak dapat terbentuk dengan sangat baik, maka dari itu dibutuhkan struktur pendidikan yang berkesinambungan.

  1. Konsekuen

“Orangtua marah kemudian anak menangis merupakan konsekuensi yang harus diterima oleh setiap orangtua,” ungkap Arief. Dalam hal ini, Anda sebagai orangtua harus mampu melontarkan beberapa hal yang positif baik dalam kata ataupun tindakan dengan cara yang benar serta baik. Tujuan dari hal ini yaitu, agar anak-anak dapat dengan benar mengetahui beberapa hal yang memang di anggap baik atau bahkan di anggap buruk.

Jika Anda ingin membentuk karakter anak yang positif, maka si kecil juga sangat membutuhkan keadaan lingkungan yang baik. Setelah itu, lingkungan yang di ciptakan juga harus yang memiliki potensi yang baiik agar si kecil dapat tumbuh dengan baik dan optimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517