3 Hal Mendasar Yang Akan Berpengaruh Terhadap Pembentukan Karakter Anak

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda dalam bersikap dan bertindak. Pembentukan karakter pada seorang anak tentunya dipengaruhi oleh berbagai macam hal, baik itu lingkungan keluarga ataupun lingkungan tempat anak bersosialisasi. Akan tetapi faktor yang akan memberikan pengaruh dan dampak paling besar tehadap pembentukan karakter seorang anak adalah lingkungan terdekat anak yaitu keluarga.

3 Hal Mendasar Yang Akan Berpengaruh Terhadap Pembentukan Karakter Anak

Sikap dan kebiasaan orangtua dalam sebuah keluarga akan menjadi dasar terbentuknya karakter seorang anak. Sikap orangtua secara tidak langsung akan ditiru dan dipelajari oleh anak-anak. Oleh karena itu, sikap dan tindakan Anda ketika berada di depan anak harus senantiasa dijaga supaya anak tumbuh dengan karakter dan pribadi yang baik.

Inilah Hal-Hal Mendasar Yang Akan Memberikan Pengaruh Terhadap Karakter Anak

Lingkungan Keluarga. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan karakter seorang anak adalah lingkungan keluarga. Seperti yang kita ketahui kalau keluarga merupakan lingkungan terdekat bagi anak. Akan tetapi terkadang dalam sebuah keluarga, ada anak yang hanya mempunyai kedekatan dengan salah satu anggota keluarga seperti ibu atau ayah. Oleh karena itu perlu diseimbangkan kedekatan anak dengan semua anggota keluarga supaya pembentukan karakter pada anak tidak dominan dipengaruhi oleh salah satu sikap daro orangtua.

Semua anggota keluarga harus memberikan sikap yang baik sehingga anak akan memiliki karakter dan kepribadian yang baik. Sikap baik dan buruk yang terjadi dalam keluarga akan berpengaruh dan berdampak terhadap pertumbuhan serta pembentukan karakter seorang anak.

Sikap dari orangtua. Faktor selanjutnya yang sangat penting dalam memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter seorang anak adalah sikap dari orangtua. Cara orangtua dalam mendidik dan bersikap terhadap anak akan memberikan karakter yang berbeda pada anak. Oleh karena itu sikap dan cara berkomunikasi yang baik harus senantiasa ditunjukan oleh orangtua. Selain itu, orangtua merupakan panutan bagi anak, setiap perilaku dan perbuatan yang dilakukan oleh orangtua dalam lingkungan keluarga cenderung akan ditiru oleh anak-anak. Orangtua harus menjadi panutan dan memberikan contoh yang baik karena hal posistif akan membantu perkembangan anak dan pembentukan karakter anak kearah yang lebih baik.

Lingkungan sosial anak. Faktor lain yang berpengaruh terhadap perkembangan dan karakter anak yaitu lingkungan sosial anak. Biasanya anak akan bersikap lebih aktif dan lebih terbuka ketika berada di lingkungan keluarga. Akan tetapi ketika berada di lingkungan lain, anak biasanya terlihat lebih pendiam dan tertutup. Apabila anak hanya cenderung terhadap satu lingkungan maka hal ini bisa berdampak buruk terhadap sikap anak ketika sudah dewasa. Peran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk menyeimbangkan interaksi anak dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Sikap orangtua, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial sangat berperan penting dalam pembentukan karakter seorang anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517