3 Ciri Utama Ketika Si Kecil Terserang Penyakit Jantung

Penting untuk Anda ketahui, bahwa saat ini penyakit jantung yang menyerang anak-anak banyak merampas nyawa si kecil, bahkan nyawa anak-anak yang belum lama menghriup nafas di dunia setelah mereka di lahuirkan.

Nah, guna mencegah terjadinya hal serupa di kemudian hari, terutama pada anak-anak. Maka Penting bagi Anda untuk mengetahui atau bahkan mengenal ciri ciri penyakit jantung yang menyerang si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Jantung yang berbunyi aneh

Ciri ciri sakit jantung pada anak yang pertama yaitu keadaan jantung anak yang berbunyi aneh. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mendengarkan jantung seorang anak yang menderita penyakit jantung, maka pastinya Anda akan mendengar sejenis desiran atau bahkan bunyi yang tidak wajar dikeluarkan oleh jantung.

Bahkan, dokter yang menggunakan stetoskop patsinya akan mendengar dengan jelas bunyi “whoosh” berkali-kali. Hal ini dikarenakan adanya aliran darah yang tidak normal.

Bunyi yang terdengar pada jantung Anda yang terserang penyakit ini juga bisa dianalogikan dengan keadaan air yang keluar dari keran. Dan ketika aliran air tersebut tidak terganggu, maka bunyi air yang mengalir pun akan terdengar bergemircik seperti biasa.

Akan tetapi, jika bunda mencoba menutup keran tersebut dengan satu jari, maka bunyi yang dikeluarkan seperti keadaan aliran yang bocor serta mengocor.

  1. Masalah makan dan pertumbuhan

Seorang anak yang memiliki penyakit jantung umumnya memiliki nafsu makan yang besar jika di bandingkan dnegan anak-anak seusianya. Akan tetapi sayangnya, mereka tidak akan mengalami perkembangan yang sepadan. Mengapa? Karena kinerja jantung mereka yang memang membutuhkan kalori yang jauh lebih banyak.

Anak-anak yang memang memiliki kelainan terhadap jantungnya jelas membutuhkan tenaga yang jauh lebih besar untuk bisa memenuhi kebutuhan oksigennya. Jika jantung tersebut kekurangan kalori, maka keadaan tubuh si kecil akna melemas serta banyak mengeluarkan keringat.

  1. Masalah pernapasan

Ada beberapa diantaranya bayi yang memang pernah mengalami batuk yang fatal. Terkadang, si kecil juga bisa mengalami masalah dalam pernafasannya yang serius, bahkan akan berubah warna menjadi biru. Hal ini dikarenakan kebutuhan oksigen yang di bawa oleh aliran darah tidaklah cukup.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang di alami oleh anak-anak. Jika si kecil mulai menandakan ciri-ciri seperti di atas, maka sebaiknya Anda segera membawanya ke dokter anak guna mendapatkan penanganan yang jauh lebih serius.

Anda dianjurkan untuk memahami gejala atau bahkan ciri-ciri penyakit jantung yang di derita si kecil, sehingga penyakit mematikan yang menyerang si kecil bisa di atasi sedini mungkin. Karena jika penyakit ini tidak segera di atasi, maka bisa berakibat fatal terhadap nyawa si kecil.

Related Posts

Share This