3 Cara yang Harus Bunda lakukan Setelah Bayi Muntah

Penting untuk bunda ketahui, bahwa imun tubuh si kecil masih belum kuat, dan itu membuat si kecil sangat mudah terserang berbagai macam penyakit. Bahkan Anda akan menajdi panic ketika bayi muntah.

Penyebab bayi sering muntah ketika terserang penyakit itu jelas bermacam-macam, dan mungkin saja kita akan merasa kesulitan ketika harus menebak-nebak penyebabnya apa. Maka dari itu, Anda bisa langsung membawa si kecil ke dokter ketika bayi muntah.

Namun guna memberikan penanganan yang tepat ketika bayi muntah terus, maka Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika mendapatkan bayyi muntah, yaitu sebagai berikut:

  1. Berikan Asupan Cairan yang Cukup

Ketika bayi muntah, makia biasanya si kecil akan banyak kehilangan cairan yang penting untuk tubuh mereka. Oleh karena itu, ketika bayi sering muntah, maka secepatnya Anda harus menggantikan cairan yang hilang tersebut, sehingga si kecil tidak akan mengalami dehidrasi.

Nah, guna mengetahui cairan apa yang cocok untuk diberikan kepada si kecil, maka alangkah lebih baiknya jika Anda mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter, agar Anda bisa memberikan cairan yang tepat kepada si buah hati.

  1. Kembalikan Pada Rutinitas-nya

Bunda, jika si kecil sudah tidak kembali muntah dalam waktu 12 sampai 24 jam, maka setidaknya Anda bisa memberikan kembali si kecil makanan seperti biasa, jika si kecil sudah mengenal MPASI. Namun, bersamaan dengan makanan yang ia konsumsi ini, Anda tetap harus memberikan asupan susu yang cukup seperti biasanya.

Hal ini bertujuan agar cairan di dalam tubuh si kecil tetap terjaga. Dan jika si kecil mulai mengenal MPASI, maka mulailah dengan memberikan makanan yang mudah untuk mereka cerna, seperti sereal atau bahkan yoghurt.

  1. Tidurkan si Kecil

Biarkan si kecil untuk tertidur, karena tidur bisa membuatnya merasa tenang. Apalagi, tidur merupakan salah stau proses untuk mengosongkan keadaan perut si kecil, dan bisa membantu si kecil mengurangi perasaan ingin muntah.

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan agar si kecil tertidur, salah staunya yaitu dengan menyanyikan lagu atau membacakan cerita untuk si kecil, mengajaknya ke tempat yang sejuk atau bahkan mengayunnya secara perlahan.

Satu hal yang harus bunda ingat, bahwa dalam kondisi ini, sebaiknya Anda tidak memberikan obat anti muntah kepada si kecil yang mengalmi muntah-muntah yang banyak di jual di toko secara eceran. Karena ini justru bisa membahayakan kesehatan si kecil, terkecuali jika obat yang di berikan atas resep dari dokter. Setelah si kecil muntah, sebaiknya Anda tetap menjaga si kecil agar tetap berada di dalam rumah. Karena hal tersebut bisa membantu memulihkan kondisi tubuhnya.

Related Posts

Share This