3 Cara Untuk Menambah Berat Badan Bayi

Setiap bayi yang dilahirkan tentunya memiliki bobot tubuh yang berbeda. Hal ini tergantung dari pola hidup sehat dari sang ibu pada waktu hamil. Asupan nutrisi yang baik dan terjaga tentunya akan membuat berat badan si kecil ketika dilahirkan berada pada garis normal. Perlu Anda ketahui bahwa Normalnya bayi akan mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat pada usia 4 bulan pertama dari berat asal pada waktu dilahirkan.

Pada beberapa kasus ada yang melahirkan bayi dengan berat badan yang normal namun beberapa minggu setelah itu tiba-tiba turun drastis. Kondisi seperti itu tentunya membuat orangtua merasa takut dan khawatir. Cara menambah berat badan bayi sebetulnya bukan hal yang sulit apabila Anda mengetahui terlebuh dahulu faktor yang menyebabkan berkurangnya berat badan tersebut.

Faktor Penyebab Berat Badan Si Kecil Turun Secara Drastis

Sebelum Anda mencari solusi untuk menambah berat badan bayi, alangkah lebih baiknya apabila mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Berikut faktor penyebab berat badan si kecil turun:

  • Gangguan kesehatan. Salah satu faktor penyebab berat badan si kecil turun secara drastis yaitu kondisi kesehatan yang terganggu. Gangguan kesehatan yang paling umum terjadi pada bayi yaitu demam dan gangguan pada sistem pencernaan seperti diare. Pada umumnya ketika demam atau diare maka nafsu makan si kecil akan menurun dan bahkan hilang sehingga asupan nutrisi akan terganggu yang berakibat terhadap berat badan.
  • Asupan nutrisi tidak seimbang. Bayi yang tidak mendapatkan asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup sangat rentan mengalami penurunan berat badan. Oleh karena itu Anda sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi selama menjalani proses menyusui sehingga berat badan si kecil tetap terjaga dan tidak mengalami penurunan.
  • Masa pertumbuhan. Faktor penyebab yang selanjutnya yaitu karena si kecil sedang dalam masa pertumbuhan yang memungkinkan aktivitas dan pergerakannya lebih aktif sehingga nutrisi yang masuk akan lebih banyak digunakan untuk hal tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut bersifat wajar.

Cara Meningkatkan Dan Menambah Berat Badan Si Kecil

Jika berat badan si kecil mengalami penurunan yang drastis, maka sebaiknya Anda jangan membiarkan hal tersebut dan segera lakukan penanganan dengan cara yang benar. Simak beberapa cara berikut ini untuk meningkatkan berat badan si kecil.

  • Perhatikan Komposisi Makanan Pendamping ASI. Dalam rangka menambah dan meningkatkan berat badan sikecil maka Anda harus senantiasa memperhatikan komposisi makanan pendamping ASI. Bagi Anda yang sudah memperkenalkan makanan pendamping ASI bagi si kecil ketika berusia 6 bulan maka sebaiknya memberikan makanan dengan kualitas gizi yang baik dan lengkap. Komposisi makanan pendamping ASI yang Anda berikan haruslah seimbang untuk menunjang berat badan normal pada bayi.
  • Memberikan ASI yang berkualitas. Jika bayi Anda masih berusia dibawah 6 bulan maka berikan ASI yang berkualitas. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi selama menjalani proses menyusui. Selain itu, Anda juga harus menghindari kegiatan atau suasana yang akan menyebabkan pikiran stres.
  • Pemberian Makanan Pendamping ASI Harus Terjadwal. Dalam rangka menambah berat badan bayi dengan cepat sebaiknya Anda menjadwalkan pemberian MPASI secara rutin. Salah satu contohnya yaitu dengan memberikan makanan pendamping ASI sebanyak 2 atu 3 kali sehari dengan porsi yang seimbang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517