3 Cara Menyusui Bayi Kembar

Merawat bayi kembar merupakan satuhal yang menantang, karena seorang ibu haru memiliki tenaga ektra. Lebih-lebih dalam rutinitas sehari-hari. Dan salah satu aktivitas yang memang tidak terlepas dalam merawat bayi yaitu memberikan ASI.

Pemberian ASI eksklusif dilakukan selama 6 bulan, dan setelah usia bayi 6 bulan, maka akan dilanjutkan dengan proses pemberian atau pengenalan makanan pendamping ASI. Namun walaupun seperti itu Anda tetap harus memberikan ASI sesuai dengan kebutuhan, biasanya sampai usia si kecil 24 bulan.

Dalam menyusui bayi kembar, memang pastinya Anda akan merasa repot dan kewalahan, apalagi ketika si kecil secara bersamaan mulai merasa lapar. Namun jika Anda sudah mengetahui cara atau trik dalam memberikan ASI yang tepat kepada si kembar, maka Anda akan merasakan kenyamanan bahkan sama sekali tidak akan merasa kerepotan dalam menyusui bayi kembar.

Berikut ini ada beberapa cara menyusui bayi kembar yang harus Anda ketahui agar Anda tidak lagi kerepotan dalam memberikan ASI kepada si kembar, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan ASI dengan cara menggendong (The Cradle Hold)

Pemberian ASI pada bayi kembar memang merupakan satu hal yang sulit, Anda sebagai orangtua harus memiliki cara tersendiri agar si kecil merasa nyaman ketika menyusu. Kondisi nyaman dalam proses pemberian ASI mempengaruhi kelancaran proses menyusui bayi kembar. Anda sebagai orangtua bisa memeluk si kembar dengan posisi kepala di tempatkan pada bagian lekuk tangan Anda, setelah itu arahkan si kembar untuk mendapatkan ASI dari payudara sebelah kanan, lakukan cara ini secara bergantian.

  1. Memberikan ASI dengan Posisi Menyangga Kepala Bayi (The Clutch or Football Hold)

Anda bisa memberikan penyangga pada bagian kedua kepala si kembar dengan menggunakan telapak tangan, sementara posisi tubuh si kecil Anda selipkan di bagian bawah tangan Anda, jika Anda menyusui si kecil dengan payudara kanan maka Anda akan memegang si kecil dengan menggunakan tangan kanan, dan jika Anda memberikan ASI pada payudara kiri, maka Anda bisa memegang si kecil dengan menggunakan tangan kiri. Dan Anda bisa meletakkan si kecil di atas bantal atau bahkan di pangkuan Anda, setelah itu sangga bagian bahunya, leher juga kepala si kecil dengan menggunakan kedua tangan. Anda juga bisa mengarahkan pula mulut si kembar, sehingga membiarkan keadaan kaki si kecil menjulur ke belakang.

  1. Memberikan ASI dengan posisi gabungan

Cara ini dilakukan dengan memberikan ASI pada satu bayi dengan posisi menggendong, sedangkan bayi yang satunya dengan cara posisi menyangga kepala si kecil. Lakukan cara ini bergantian, sehingga Anda bisa memberikan kenyamanan pada si kecil. Bukan hanya itu, posisi yang nyaman dalam menyusui juga bisa memperlancar proses pemberian ASI.

Intinya, kunci dalam pemberian ASI pada bayi kembar merupakan kenyamanan ibu dalam memberikan ASI, sehingga bisa menjadi lebih rileks. Anda bisa menggunakan bantal sebagia penyangga atau bahkan bisa menimangnya sehingga keadaan bayi Anda bisa lebih aman dan nyaman, dan jika Anda merawat bayi kembar, setidaknya Anda membutuhkan waktu untuk beradaptasi yang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan memberikan ASI kepada satu bayi tunggal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517