3 Cara Menjaga kesehatan Tulang Anda

Cara menjaga kesehatan tulang. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam berolahraga. Bukan hanya mampu membakar lemak juga kalori yang ada di dalam tubuh, namun berolahraga juga mampu membuat keadaan tubuh menjadi lebih bugar.

Bukan hanya itu, ternyata olahraga juga bisa membuat tulang kita menjadi lebih kuat serta mampu menjaga kepadatannya. Maka dari itu, ketika Anda mengingkan tulang yang sehat, maka Anda dianjurkan untuk memperbanyak porsi olahraga Anda.

Namun, selain berolahraga, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yang bisa membantu untuk menyehatkan tulang Anda, apa sajakah itu? Berikut uraiannya:

1. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium merupakan salah satu kandungan yang penting yang memang sangat di butuhkan oleh tubuh guna membentuk tulang yang kuat. Namun, ada sebuah penelitian yang justru menunjukkan, bahwa mengkonsumsi kalsium tanpa disertai dengan asupan vitamin D, tidak bisa membuat tulang menjadi lebih kuat. Dan jelas kalsium sangat membutuhkan vitamin D agar saluran pencernaan bisa menyerapnya.

Bahkan ada beberapa dokter ahli yang juga menyarankan agar Anda dapat mengkonsumsi suplemen yang memiliki kandungan zat kalsium guna menjaga kesehatan tulang Anda. Sementara itu pendapat lainnya mengatakan, bahwa dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan justru bisa membahayakan kesehatan jantung.

Maka dari itu, agar asupan kalsium setiap harinya bisa terpenuhi dengan baik, maka Anda bisa memperolehnya dari mengkonsumsi makanan yang sehat seperti susu, kacang almond, daun kele atau bahkan saus tahini.

2. Konsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun, bukan hanya bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Namun ternyata, minyak zaitun juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Dan hal ini jelas sudah ada pembuktiannya, melalui sebuah penelitian di Madrid University, Spanyol.

Dalam penelitian yang dilakukan selama 2 tahun ini, para penliti menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap harinya, akan memiliki kadar osteocalcin yang jauh lebih tinggi yang berada pada tubuhnya jika di bandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi minyak zaitun.

3. Lompat dan Lari

Kegiatan melompat dan berlari merupakan salah stau kegiatan yang memang sering dilakukan oleh anak kecil. Dan penelitian terbaru menunjukkan, bahwa jika kita ingin keadaan tulang yang sehat, kita juga harus melakukan hal itu.
Berlari juga melompat merupakan salah satu kegiatan yang memiliki manfaat yang besar untuk kesehtaan tulang. Mengapa? Karena beberapa gerakan ini mampu mengirimkan isyarat kepada sejumlah sel yang membentuk tulang guna melakukan aktivitas.

Bahkan, dalam sebuah penelitian yang sudah di publikasikan di American Journal of Health Promotion, para penliti mengukur kepadatan tulang pinggul wanita yang memang mulai mengalami berhentinya menstruasi selama 16 minggu. Dan hasilnya ditemukan, bahwa mereka yang memang melompat sebanyak 10 kali dalam setiap harinya atau bahkan setraa dengan 30 detik, kepadatan tulangnya jauh lebih baik jika di bandingkan dengan mereka yang tidak pernah melompat sama sekali.

Related Posts

Share This