3 Cara Mengobati Gusi Bengkak yang Alami Juga Ampuh

Cara mengobati gusi bengkak. Keadaan gusi yang membengkak merupakan kondisi yang sangat dan paling menjengkelkan bagi sebagian besar orang. Bahkan, masalah gusi bengkak yang diakibatkan oleh sakit gigi ini merupakan salah satu masalah yang klise yang memang bisa membuat emosi kita menjadi naik sepanjang harinya.

Rasa sakit yang muncul juga perasaan tidak nyaman akan membuat Anda merasa serba salah. Bukan hanya demam, namun gusi bengkak juga akan menghilangkan nafsu makan Anda.

Mungkin mengkonsumsi obat guna meredakan nyeri gusi bengkak bisa menjadi alternative guna menghilangkan rasa nyeri tersebut, namun terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan seperti itu malah akan membuat kesehatan menjadi terganggu.

Nah, agar Anda bisa mengatasi rasa sakit yang diakibatkan oleh gusi berdarah tanpa adanya epek samping, maka Anda bisa menggunakan cara yang alami, seperti:

  1. Ketika gusi Anda membengkak, maka Anda bisa memanfaatkan cengkeh untuk mengatasi hal tersebut. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunyah beberapa suing cengkeh. Atau jika Anda tidak tahan dengan aromanya yang menyengat, maka Anda bisa mencampurkan minyak cengkeh tersebut dengan lada hitam, kemudian oleskan pada bagian gusi yang membengkak. Anda bisa melakukan cara ini dengan berulang, sampai bengkaknya menghilang.
  2. Campuran air hangat dengan garam juga bukan hanya bisa mengatasi sakit gigi, namun campuran ini juga bisa membantu Anda dalam mengatasi gusi yang membengkak. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok garam dengan satu gelas air hangat, kemudian berkumurlah dengan campuran air tersebut.
  3. Anda juga bisa menggunakan soda kue, dengan tujuan untuk meredakan rasa sakit akibat gusi yang membengkak. Anda hanya perlu mengambil satu sendok soda kue, kemudian gosokkan secara perlahan pada bagian gusi yang sakit.
  4. Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi rasa sakit tersebut. Caranya yaitu, Anda hanya perlu mengambil beberapa potong lidah buaya, bersihkan, kemduian oleskan bagian gel lidah buaya pada bagian gusi yang terasa sakit. Ketika itu sensasi dingin yang diberikan lidah buaya mampu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh gusi yang membengkak, bahkan bisa memberikan efek yang menenangkan.

Itu dia tadi beberapa cara yang memang bisa Anda lakukan guna mengatasi gusi yang membengkak. Nah, agar gusi Anda tidak kembali membengkak, maka Anda harus selalu menjaga kebersihan rongga mulut Anda terutama gigi, hal ini bertujuan guna menghindari Anda dari rasa sakit gigi juga gusi yang membengkak. Anda juga harus membersihkan atau menggosok gigi minimal dua kali dalam satu hari, dan Anda juga harus berusaha untuk mengecek kesehatan gigi Anda pada dokter gigi secara rutin. Ketika gigi Anda sehat dan bersih, maka kondisi gusi Anda juga akan terbebas dari rasa sakit serta nyeri yang melanda ketika gusi membengkak.

Related Posts

Share This