3 Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Aman

Cara membersihkan hidung bayi. Kondisi bayi yang sehat biasanya di mulai dari kebersihan dari tubuh si bayi itu sendiri. Dan Anda sebagai orangtua di wajibkan untuk menjaga kebersihan tubuh si kecil. Karena hal ini salah satu bentuk untuk menjaga kesehatan bayi. Bukan hanya telinga, Anda juga harus menjaga kebersihan hidung bayi, karena hidng merupakan komponen penting.

Satu hal yang harus Anda ingat, kalau kulit bayi sangatlah sensitif, termasuk daerah telinga juga hidung. Dan ketika ibu membersihkan hidung si kecil, maka Anda dianjurkan untuk tidak mengoreknya terlalu dalam. Sama halnya dengan Anda ketika membersihkan telinga, Anda tidak dianjurkan untuk mengorek telinga bagian dalam, karena di khawatirkan bisa merusak gendang telinga si kecil.

Untuk bagian hidung sendiri, Anda bisa membersihkan kotoran yang hanya terlihat saja. Dikarenakan hidung merupakan indera penciuman, dan jika Anda mengorek terlalu dalam hingga meninggalkan luka, maka perilaku tersebut bisa merusak anatomi yang ada di dalamnya, jika mengingat hidung termasuk kedalam daerah yang sensitif bagi bayi.

Jika Anda ingin membersihkan hidung si kecil, maka Anda bisa membersihkannya kapan saja dan tidak harus menunggu si kecil tumbuh menjadi balita. Namun, Anda harus berhati-hati dalam membersihkannya. Di bawah ini ada beberapa cara membersihkan hidung bayi yang bisa Anda terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika Anda hendak membersihkan hidung bayi, maka bersihkanlah dengan sangat pelan dengan menggunakan cotton buds guna menggapai kotoran yang hanya terlihat saja. Bukan hanya cotton buds, Anda juga bisa menggunakan handuk yang lembut, kain yang lembut, atau bahkan menggunakan tidu bayi yang higeinis. Jangan lupa, Anda juga harus memastikan kalau keadaan tangan Anda ada dalam keadaan yang bersih guna menghindari perpindahan kuman dari tangah ke bagian hidung bayi.
  2. Anda hanya dianjurkan untuk membersihkan kotoran hidung yang terlihat saja, dan jangan memaksakan diri untuk membersihkan area hidung yang terlalu dalam, apalagi Anda mengorek-ngorek bagian dalam hidung si kecil.
  3. Anda cukup membersihkan kotoran yang hanya terlihat saja. Dan jika Anda menggunakan handuk atau kain yang lembut, maka sebaiknya Anda membasahinya dengan sedikit air yang bersih, sebelum Anda mengusapkannya pada hidung bayi.
  4. Ketika Anda membersihkan bagian hidung si kecil, maka bersihkanlah secara perlahan dan hati-hati. Dan sekali lagi kami mengingatkan, Anda hanya di anjurkan untuk membersihkan kotoran yang hanya terlihat saja, dan tidak perlu mengorek bagian dalamnya. Karena jika hal tersebut terjadi, maka bisa menyebabkan goresan pada hidung, bahkan bisa menjadikan iritasi.

Bahkan ada beberapa ahli yang menyebutkan, bahwa hidung memiliki kemampuan untuk membersihkan kotoran sendiri tanpa harus kita membersihkannya, namun itu bukan berarti Anda membiarkan hidung bayi kotor tanpa membersihkannya. Dan pada prinsipnya, Anda harus membersihkan kotoran hidung bayi yang hanya terlihat saja.

Related Posts

Share This