3 Cara Jitu Mensterilkan Botol Susu Bayi

Perlengkapan bayi memang sangatlah penting untuk bunda perhatikan, terutama botol susu, apalgi mengingat pada tahun pertama kelahiran si kecil sangat rentan terhadap sejumlah penyakit yang menyerangnya. Bunda bisa memiliki jenis atau bentuk botol susu yang disesuaikan dengan usia si kecil, dan hal ini bertujuan untuk memudahkan mulut si kecil untuk beradaptasi dengan botol bayi yang dimilikinya.

Nah, bagi bunda yang memang memiliki botol susu bayi yang terbuat dari pelastik, maka sebaiknya bunda bisa memerhatikan jenis pelastik yang di gunakan untuk botol susu si kecil. Bunda harus memastikan kalau jenis pelastik yang di gunakan tersebut tidak berbahaya untuk kesehatan si kecil. Bunda bisa memilih jenis pelastik yang memang sesuai untuk botol susu si kecil, dan jenis pelastik yang tepat yaitu Polypropylene atau PP, karena jenis plastik ini di nilai sangat aman untuk di gunakan.

sterilizer botol susu

Bukan hanya dalam memilih jenis pelastik yang di gunakan, bunda juga harus memperhatikan cara dalam sterilizer botol susu yang kerap di gunakan oleh si kecil. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa bunda terapkan dalam proses mensterilkan botol susu bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Metode perebusan

Ketika bunda memilih cara merebus untuk mensterilkan botol susu si kecil, maka yang harus bunda perhatikan pertama kali yaitu jenis pelastik yang di gunakan untuk botol susu tersebut, karena jenis pelastik Polikarbonat (PC) akan melepaskan residu senyawa kimia jika jenis pelastik ini di rebus. Beda lagi dengan jenis pelastik bisfanol, jenis pelastik ini jika di rebus akan sangat berbahaya pada kesehatan tubuh si kecil, terutama terhadap sistem hormon tubuh si kecil. Namun jika jenis pelastik yang di gunakan untuk boto susu si kecil aman jika diseterilkan dengan cara di rebus, maka bunda bisa melakukannya dengan cara memasukkan air secukupnya ke dalam panic ketika boto susu bayi sudah mulai tenggelam di dalamnya. Bunda harus memastikan kalau tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalam botol susu tersebut, dan setelah itu tutup panic dan didihkan selama kurang lebih 10 menit.

  1. Mengunakan Microwave

Bunda juga bisa menggunakan cara ini untuk menseterilkan botol susu. Dengan menggunakan cara ini, bunda hanya membutuhkan waktu selama 90 detik untuk menseterilkan botol susu si kecil. Ingat, bunda jangan menutup botol susu bayi ketika tengah melakukan proses sterilisasi, karena tekanan bisa saja terjadi di dalamnya.

Baca juga : Ini Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar Agar Tetap Steril

  1. Metode Air Dingin

Bukan hanya dengan air panas, bunda juga bisa membersihkan atau menseterilkan botol susu dengan air dingin. Dan caranya yaitu bunda hanya cukup membeli peralatan untuk sterilisasi khusus untuk sterilisasi air dingin, atau bahkan bunda juga bisa menggunakan wadah pelastik yang memiliki tutup.

Nah, itulah ketiga cara jitu yang bisa bunda pergunakan dalam proses membersihkan atau menseterilkan botol susu bayi. Nah, bagi bunda yang akan menseterilkan botol susu bayi, hal utama yang harus bunda perhatikan yaitu kebersihan tangan bunda serta sejumlah alat yang bunda pergunakan.

Related Posts

Share This