3 Cara Jitu Mengatasi Sembelit Pada Balita Tanpa Obat Kimia

Mengatasi sembelit pada balita. Konstipasi atau lebih dikenal dengan istilah sembelit merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan tubuh, dimana terjadinya proses pengerasan tinja sehingga sangat sulit untuk di keluarkan. Umumnya, kondisi ini juga kerap kali disertai dengan rasa sakit pada bagian perut. Sama halnya dengan orang dewasa, si kecil juga bisa mengalami sembelit. Lantas, jika anak balita mengalami sembelit, bagaimana cara mengatasi sembelit pada balita? Apakah sama dengan cara mengatasi sembelit pada orang dewasa atau bayi?

Sembelit pada anak balita memang bisa terjadi selama beberapa hari, minggu bahkan bisa juga terjadi selama beberapa bulan. Dan kondisi gangguan pada pencernaan ini juga bisa disertai dengan adanya perasaan kram perut, akan tetapi terkadang juga tidak disertai dengan gejala yang memang tidaklah jelas, sehingga hal ini tidak bisa terindentifikasi dalam waktu yang cukup lama.

Umumnya, sembelit pada anak balita bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya yaitu disebabkan oleh pola makan yang kurang baik. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya sembelit pada balita, yaitu sebagai berikut:

  1. Kurang minum
  2. Kurang mendapat asupan makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan rendah gizi (junk foods)
  4. Genetis atau turunan dari orang tua
  5. Tidak rutin buang air besar (BAB

Nah, untuk mengatasi sembelit pada anak balita, maka di bawah ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi sembelit yang terjadi pada balita, yaitu sebagai berikut:

1.Anda bisa memberikan si kecil cairan yang cukup, terutama air putih atau air mineral. Dan umumnya, anak yang berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan cairan sekitar 1,3 liter setiap harinya.

  1. Anda harus memastikan kalao si kecil memperoleh asupan buah dan sayuran setiap harinya. Ada beberapa diantaranya buah dan sayuran yang memang di rekomendasikan oleh para medis untuk mengatasi sembelit yang terjadi pada balita, diantaranya yaitu buah apel, pir, aprikot, kurma, pepaya, brokoli, kubis, kacang polong, selada, dan kembang kol. Bukan hanya itu, si kecil juga di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan serat, misalkan seperti serela juga roti gandum.
  2. Hindari makanan yang memang bisa memicu munculnya sembelit pada balita. Ada beberapa jenis diantaranya makanan yang memailiki kandungan serat yang rendah yang memang dipercaya mampu memicu terjadinya sembelit pada anak balita, termasuk salah satunya yaitu nasi putih, keripik kentang, biskuit, serta terlalu banyak mengkonsumsi produk olahan susu tanpa adanya atau tanpa disertainya dengan mengkonsumsi serat yang cukup, sehingga hal ini bisa menyebabkan sembelit pada anak balita.

Nah, itulah beberapa cara dalam mengatasi sembelit pada balita yang memang bisa Anda peraktekkan pada si kecil. Semoga membantu!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517