3 Cara Jitu Mengatasi Sariawan Pada Bayi

Halo bunda! Kali ini kami akan membagikan sedikit informasi terkait tips tepat mengatasi sariawan pada bayi. Sariawan atau lebih di kenal sebagai stomatitis aphtosa dalam bahasa kedokteran, merupakan adanya gangguan yang terdapat pada mulut yang memang bisa menimbulkan rasa perih yang ditandai dengan adanya permukaan yang cekung berwarna putih kekuningan. Dan hal ini kerap terjadi baik pada orang dewasa ataupun anak-anak bahkan bayi. Dan sariawan yang dialami si kecil bisa mengganggu nafsu makan atau bahkan si kecil akan menolak ASI yang diberikan kepadanya.

Ada diantaranya sejumlah kasus yang ditemukan, bahwa bayi yang mengalami sariawan itu dikarenakan adanya pertumbuhan sejumlah jamur jenis candida albicans yang memang bisa ditularkan melalui putting payudara ibu. Bahkan sariawan ini bisa muncul di sejumlah titik mulut, seperti di bagian dalam pippi, di bagian langit-langit, atau bahkan di bagian gusi si kecil. Dan ketika sariawan menyerang si kecil, maka sebaiknya bunda mencari cara mengatasi sariawan pada bayi, agar nafsu makan si kecil bisa kembali, bahkan si kecil bisa menerima ASI yang bunda berikan kepadanya.

Di bawah ini ada beberapa cara mengobati sariawan pada anak yang bisa bunda terapkan, semoga membantu. Yaitu sebagai berikut:

  1. Memperhatikan Konsumsi Ibu Menyusui

Nutrisi yang bisa dihasilkan oleh ASI mampu membantu bayi atau si kecil mengatasi sariawan yang di deritanya. Jika si kecil mengalami sariawan, maka Anda bisa mengkonsumsi sejumlah makanan yang mengandung probiotik, misalkan seperti yogurt atau bahkan suplemen probiotik guna membantu juga tetap menjaga keseimbangan tubuh bunda agar tetap bisa meminimalisir perkembangan jamur candida di dalam tubuh bunda. Bukan hanya itu, bunda juga harus mengatur pola makan, misalkan seperti menghindari jenis makanan yang di olah, serta makanna yang memiliki kandungan gula dalam jumlah yang banyak, karena bisa memicu perkembangan jamur candida.

  1. Cream tradisional

Ketika si kecil terserang sariawan, maka bunda juga bisa menggunakan cream tradisional atau cream alami seperti menggunakan minyak kelapa. Karena minta kelapa memiliki kandungan anti jamur alami yang baik untuk digunakan bagi si kecil. Minyak ini bisa bunda oleskan pada bagian putting payudara bunda, sehingga bisa mengurangi perkembangan jamur di daerah sekitar putting. Selain itu, bunda juga bisa menggunakan cuka sari apel yang bisa menjadi salah satu cream alami yang bisa bunda oleskan di bagian putting bunda.

  1. Sinar matahari

Bunda juga bisa menggunakan cinar matahari, karena bantuan dari sinar matahari di pagi hari mampu menghindari serangan sariawan pada si kecil. Cara mencegah sariawan dengan cara ini merupakan cara yang bisa bunda lakukan dengan cara mengajak si kecil untuk berjemur di pagi hari, karena jamur yang menyebabkan sariawan bisa berkembang ndan tumbuh di tempat yang gelap juga lembab. Bunda harus mengusahakan agar si kecil bisa memperoleh sirkulasi udara yang cukup serta mampu terpapar sinar matahari secara langsung.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517