3 Cara Jitu Mengatasi Mual Saat Hamil

Hai bunda, kali ini solusisehatku.com akan membahas mengenai cara atau tips jitu mengatasi mual saat hamil. Dan semoga tips yang akan kami berikan kali ini akan sangat bermanfaat untuk bunda semua, terutama bagi bunda yang tengah hamil trimester pertama.

Morning sickness, morning sickness akan terjadi ketika adanya proses peningkatan hormon ketika bunda tengah hamil. Selama proses kehamilan, produksi hormon estrogen juga hormon progesteron akan semakin meningkat, sehingga hal ini akan mempengaruhi fungsi neuron juga fungsi beberapa alat tubuh yang lainnya, dan itu akan menyebabkan mual saat hamil.

cara mengatasi mual saat hamil

Dr.Marjorie Greenfield mengungkapkan, bahwa ada sekitar 70% wanita yang mengalami mual saat hamil, dan ada sekitar 50% diantaranya mengalami muntah. Walaupun fase ini dirasa sangat umum, namun gejala yang dialami setiap individu sangat beragam. Bahkan di beberapa kasus, ibu hamil akan mengalami mual serta muntah atau lebih dikenal dengan morning sickness di sepanjang hari, di pagi hari saja, atau bahkan ada yang mengalami hal ini di malam hari yang memang bisa mempengaruhi waktu tidur bumil. Biasanya fase ini akan terjadi pada minggi keenam kehamilan, dan akan terus meningkat sampai menemukan puncaknya pada minggu kedelapan serta minggu kesembilan kehamilan.

Morning sickness memang merupakan salah satu gejala umum pada kehamilan, walaupun demikian, bukan berarti bunda harus membiarkan hal tersebut begitu saja. Perlu bunda ketahui, bahwa mual serta muntah yang bunda alami semasa kehamilan akan mempengaruhi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, sehingga bunda harus memiliki cara untuk mengatasi mual saat hamil. Dan berikut ini ada beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa bunda terapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Makan dengan porsi kecil

Ketika bunda hamil muda, maka gangguan dari morning sickness bisa mempengaruhi asupan nutrisi bunda, sehingga jika hal ini terus di biarkan akan mempengaruhi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan bunda. Dan ketika hal ini terjadi, maka hal yang harus bunda lakukan yaitu membuat jadwal makan. Ketika usia kehamilan bunda masih dalam trimester pertama, usahakan untuk makan dalam jumlah yang sedikit namun tetap terjadwal, sehingga sistem pencernaan bunda tetap bisa menerimanya. Bunda bisa memilih makanan dengan kandungan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan oleh janin yang ada di dalam kandungan bumil.

  1. Bangun pagi dengan jeda istirahat terlebih dahulu

Ketika bunda bangun di pagi hari, sebaiknya bunda jangan langsung beranjak dari tempat tidur, dan ada baiknya jika bunda untuk duduk sejenak dan bangunlah secara perlahan. Bahkan ada diantaranya beberapa bumil yang menyediakan beberapa biskuit sebelum mereka beranjak dari tempat tidur guna mengatasi morning sickness.

  1. Menghindari makanan pedas dan berlemak

Walaupun bunda merasa mulai membaik ketika siang hari, itu bukan berarti bunda bisa memberikan asupan makanan yang tidak terkontrol di siang harinya. Mengkonsumsi makanan yang berlemak juga pedas bukan hanya akan menganggu pencernaan bunda, namun juga akan menganggu bunda karena dapat memicu timbulnya morning sickness. Bukan hanya itu, bunda juga harus memperbanyak mengkonsumsi air mineral, sehingga bunda akan terhindar dari dehidrasi ketika proses kehamilan.

Related Posts

Share This