3 Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Pada Anak Tanpa Obat-obatan Kimia

Konstipasi atau lebih di kenal dengan istilah sembelit pada anak merupakan satu gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan, dimana terjadinya pengerasan terhadap tinja yang ada di dalam perut sehingga akan sangat sulit untuk di keluarkan. Biasanya, kondisi gangguan terhadap pencernaan ini juga bisa disertai dengan rasa sakit ataupun mules pada daerah perut. Sama halnya dengan orang dewasa, si kecil juga pasti pernah mengalami yang namanya sembelit, dan hal ini akan sangat menyiksa si kecil, sehingba si kecil menjadi rewel.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Anak

Sebelit pada bayi juga bisa terjadi selama beberapa hari, beberapa minggu, bahkan bisa terjadi selama beberapa bulan. Bukan hanya itu, kondisi sembelit yang terjadi ini juga bisa disertai dengan perut yang keram, namun terkadang gangguan pencernaan ini juga tidak disertai dengan gejala-gelaja yang jelas, sehingga hal ini tidak bisa terdeteksi dalam waktu yang cukup lama.

Nah, pada umumnya sembelit pada anak akan terjadi ketika pola makan si kecil kurang baik. Dan beberapa penyebab lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Kurang minum
  2. Kurangnya mendapatkan asupan makanan yang memiliki serat seperti buah dan sayuran.
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang rendah akan gizi seperti junk foods.
  4. Genetis atau dalam kata lain turunan dari orangtua
  5. Tidak rutin BAB

Sebagian besar, masalah sembelit pada anak memang bisa di sembuhkan dengan merubah pola makan si kecil dan gaya hidupnya. Dan untuk mengatasi sembelit pada anak memang membutuhkan waktu yang tidaklah sebentar, maka dari itu orangtua harus lebih sabar dalam menghadapinya. Dan berikut ini ada tiga cara yang bisa bunda dan ayah lakukan untuk mengatasi sembelit pada anak, tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia, yaitu sebagai berikut:

  1. Bunda harus memberikan cairan yang cukup terutama air mineral kepada si kecil. Karena anak yang masih berusia 1-3 tahun sangat membutuhkan cairan yang banyak, yaitu sekitar 1,3 liter setiap harinya. Maka dari itu, ketika si kecil mengalami sembelit, berikan cairan yang cukup banyak untuknya.
  2. Bunda harus memastikan kalau si kecil mendapatkan buah-buhan serta sayuran yang cukup setiap harinya untuk di konsumsi. Dan ada beberapa jenis buah dan sayur yang di rekomendasikan oleh para ahli untuk meredakan gejala sembelit pada anak, yaitu apel, buah pir, kurma, apricot, papaya, kubis, brokoli, selada, kacang polong, juga kembang kol. Bukan hanya itu, usahakan pula si kecil untuk mengkonsumsi makanan yang memailiki kandungan serat yang cukup tinggi, seperti sereal juga roti gandum utuh.
  3. Bunda harus menjauhkan si kecil dari jenis makanan yang bisa menimbulkan sembelit. Dan beberapa jenis makanan yang rendah akan serat mampu memicu timbulnya sembelit pada anak, salah satunya yaitu nasi putih, keripik kentang, biskuit dan masih banyak lagi. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi produk yang berasal dari olahan susu tanpa disertai makanan serat yang cukup juga bisa menyebabkan sembelit pada anak.
Baca Juga:  Apakah Bayi Dan Balita Boleh Mengkonsumsi Kopi?

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517