3 Cara Aman Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Rambut rontok saat hamil. Masa kehamilan merupakan salah satu masa yang sangat membahagian bagi kaum hawa. Menanti si janin yang tumbuh dari masa ke masanya akan membuat Anda sebagai calon ibu merasa tidak sabar untuk melihatnya kelak. Akan tetapi, dari sekian banyak kebahagiaan itu, terkadang Anda merasa khawatir ketika rambut rontok saat hamil.

Jika Anda mengalami rambut rontok apalagi ketika masa kehamilan, Anda tidak usah khawatir, karena Anda tidak sendirian. Banyak diantaranya ibu hamil yang juga mengalami hal yang serupa dengan Anda. Kerontokan yang terjadi pada ibu hamil sangatlah bervariasi, ada yang masih berada dalam batasan normal, sampai ada yang mengalami kerontokan yang parah. Lantas, apa sebenarnya penyebab rambut rontok saat hamil ini?

Rambut rontok pada ibu hamil sebenarnya terjadi karena adanya pengaruh hormon guna melindungi janin yang ada di dalam kandungan. Hal serupa juga di ungkapkan oleh Dr. Schwartz menjelaskan.

“Keseimbangan hormon Anda bergeser secara drastis dan hormon tersebut akan digunakan sangat banyak untuk pertumbuhan janin. Saat bayi sudah lahir, hormon tersebut akan kembali normal untuk melindungi Anda, para ibu,” demikian yang ditulis Dr. Schwartz.

Akan tetapi, setelah melahirkan, keadaan rambut rontok masih saja terjadi, bahkan setelah beberapa bulan melahirkan. Dr. Schwartz menjelaskan, bahwa kondisi ini jauh lebih mungkin di sebabkan oleh stress yang di alami oleh ibu hamil. Wanita yang memang baru melahirkan umumnya akan berada dalam kondisi yang sangat lelah, terbangun di tengah malam, kurangnya porsi tidur, dan merasa stress karena tugas barunya sebagai seorang ibu baru.

Nah, pengaruh dari stress inilah yang pada akhirnya bisa merusak kesehatan rambut juga yang mampu menyebabkan rambut menjadi rontok. Dan untuk atasi rambut rontok pada ibu hamil, maka Anda bisa menggunakan cara di bawah ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan Tonik Alami

Tonik merupakan salah satu cara yang ampuh di gunakan untuk menguatkan bagian akar rambut, baik di gunakan di masa kehamilan atau bahkan setelah Anda melahirkan. Namun alangkah lebih baik lagi jika tonik yang Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok saat hamil yaitu berbahan dasar alami atau bahkan tonik yang Anda buat sendiri. Mungkin Anda bisa menggunakan minyak kemiri yang di oleskan pada bagian kulit kepala.

  1. Perhatikan Nutrisi

Bukan hanya bermanfaat bagi janin, namun nutrisi juga sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri. Anda harus memastikan kalau Anda tetap mengkonsumsi buah-buahan yang segar, ikan laut, daging, ayam, bahkan sayuran hijau yang memang memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak.

  1. Minum Vitamin

Jika kerontokan rambut Anda sudah terbilang parah, maka Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter. Biasanya, dokter akan memberikan Anda vitamin khusus yang memang bisa Anda konsumsi secara rutin. Dan pastikan kalau Anda tidak meminum sembarangan obat tanpa adanya saran dari dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517