3 Cara Alami Mengatasi Penyakit Asma

Penyakit asma merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan, terutama paru-paru yang bisa menyebabkan seseorang yang mengalaminya kesulitan untuk bernapas. Penyebab utama dari penyakit asma sampai saat ini masih belum pasti, namun asma sendiri bisu dipecu dari alergi, polusi udara yang buruk, terjadinya infeksi terhadap sistem pernapasan, emosi, keadaan cuaca yang juga buruk, dan masih banyak lagi. Untuk gejala asma sendiri diantaranya yaitu batuk, mengi, dada terasa sesak, bahkan sesak terhadap pernapasan.

Penyakit asma sendiri bukan hanya bisa di atasi dengan cara medis, karena jenis penyakit ini juga bisa di atasi dengan cara tradisional. Dan di bawah ini ada beberapa cara alami yang memang bisa Anda terapkan guna mengatasi penyakit asma, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Mengkonsumsi jahe

Ketika Anda terserang asma, maka Anda bisa mengurangi masalah tersebut dengan mengkonsumsi jahe secara teratur, dan jelas hal ini mampu mengurangi resiko munculnya asma. Bahkan untuk saat ini, para ahli sudah menemukan pernyataan, bahwa mengkonsumsi jahe secara teratur mampu membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan serta menghambat napas.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok air jahe, dan konsumsilah ramuan tersebut sebelum Anda tertidur. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya, maka penyakit asma yang Anda alami akan berangsung membaik.

2. Mengkonsumsi buah ara

Resiko asma juga bisa berkurang ketika Anda mengkonsumsi buah ara. Karena buah ara ini dipercaya mampu mencairkan lendir yang memang berhasil menyumbat pernapasan sehingga Anda menjadi sesak napas. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu mencuci tiga buah ara yang sudah kering, setelah itu rendam buah ara kering dalam satu cangkir air selama satu malam. Ketika keesokan paginya, Anda bisa langsung mengkonsumsi buah ara tersebut, dan minumlah air dari buah ara ini sewaktu keadaan perut masih kosong.

3. Kafein

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi juga mampu membantu Anda dalam mengendalikan serangan asma, karena kandungan kafein ini memiliki peranan sebagai bronkodilator. Kopi sendiri nantinya akan membantu secara reflex serta membersihkan saluran udara untuk membantu sistem pernapasan Anda agar jauh lebih lega dari sebelumnya. Jika Anda tidak menyukai mengkonsumsi kopi, maka Anda bisa mengganti kopi disini dengan teh hitam.

Nah, itu dia beberapa cara yang memang bisa Anda lakukan guna mengatasi penyakit asma secara alamui. Bukan hanya menggunakan ketiga bahan-bahan di atas, namun anda juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih guna meredakan asma yang Anda alami. Caranya mudah, Anda hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak kayu putih, teteskan minyak kayu putih itu pada handuk, setelah itu gunakan handuk tersebut untuk mengompres bagian kepala Anda ketika Anda tertidur. Karena minyak kayu putih ini memiliki sifat sebagia dekongestan, yang memiliki fungsi untuk memecahkan lendir yang ada di dalam tubuh.

Related Posts

Share This