2 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Sikat Gigi Bayi

Cara dalam melakukan sikat gigi bayi memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena seperti yang telah kita sampaikan sejak awal, bahwa struktur gigi bayi jelas berbeda dengan gigi anak-anak apalagi orang dewasa.

Sama halnya dengan ukuran mulut, konstruksi gusi, serta kondisi dinding kulit mulut yang memang belum sekuat kulit mulut anak-anak bahkan dewasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih sikat gigi bayi yang di khususkan untuk bayi.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih sikat gigi bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Bahan Sikat Gigi

Sikat figi yang baik untuk bayi yaitu sikat gigi yang memang dibuat dengan bahan yang tidak membahayakan rongga mulutnya, dan hal ini haruslah menjadi perhatian utama dalam cara merawat gigi bayi, dikarenakan tingkat kehalusan bulu sikat serta material terhadap kepala sikat masih akan bersinggungan langsung dengan kulit serta gusi si kecil.

Umumnya kepala sikat yang baik yang memang cocok digunakan untuk bayi yaitu memiliki tekstur yang lentur serta bisa ditekuk. Hal ini memiliki fungsi agar mulut si kecil serta gusi tidak lecet.

  1. Bentuk Sikat Gigi

Memilih sikat gigi bayi pastinya tidak sama dengan memilih sikat gigi anak. Anda bisa memilih sikat gigi yang memang memiliki desain yang unik yang memang disukai oleh si kecil. Misalkan dalam pemilihan warna, bentuk atau bahkan hiasan gagang yang sangat lucu serta bisa membuat si kecil menjadi senang.

Bukan hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk memilih sikat gigi bayi yang memiliki gagang terbuta dari karet serta tidak licin, sehingga keadaan sikat gigi bayi akan mudah untuk di pegang. Maka dari itu, si kecil akan dengan mudah dalam memegang sikat gigi, sekaligus bisa belajar untuk menyikat giginya sendiri.

Bukan hanya dilihat dari sisi desain, Anda juga dianjurkan untuk memperhatikan bentuk dari sikat gigi tersebut, usahakan agar bagian sikat gigi tidak memiliki bentuk yang lancip. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Misalkan ketika si kecil memegang sikat tersbeut, dan bermain-main dengan sikatnya, bayi tidak akan lecet atau bahkan terluka karena tergores.

Jika dilihat dari pemaparan di atas, maka di bawah ini ada beberapa acuan sikat yang memang bisa Anda jadikan sebagai pedoman dalam memilih sikat gigi bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Pilihlah sikat gigi bayi yang memiliki brand terpercaya serta memiliki beberapa merk untuk tingkatan usia si kecil.
  2. Pilihlah sikat gigi bayi yang memiliki tekstur serta ukuran sesuai dengan usia bayi.
  3. Pilihlah sikat yang memang memiliki bulu yang lembut guna melindungi gusi serta mulut si kecil.
  4. Anda dianjurkan untuk memilih kepala sikat gig yang tumpul, agar tidak melukai mulut si kecil serta bayi tidak tersedak.
  5. Anda juga dianjurkan untuk memilih sikat yang mudah untuk di genggam si kecil.

Related Posts

Share This