10 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Tomat merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Buah tomat banyak digunakan sebagai bumbu tambahan pada masakan atau bahkan dibuat jus. Meskipun tomat disebut buah, akan tetapi tomat termasuk ke dalam kategori sayuran. Buah tomat mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Tomat mengandung folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan kalium. Selain itu, tomat juga mengandung niasin, tiamin, magnesium, posfor, vitamin B6, tembaga dan serat. Tomat termasuk buah yang rendah akan kandungan sodium, kolesterol, lemak jenuh dan kalori. Tomat juga memiliki kandungan karotenoid seperti alpha, lutein, likopen dan betakaroten. Semua kandungan nutrisi pada buah tomat tentunya akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui khasiat dan manfaat tomat.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Dibawah Ini Ada Beberapa Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem imunitas tubuh yang kuat akan mampu melawan infeksi virus dan bakteri sehingga hal ini akan mencegah serangan berbagai macam penyakit. Tomat mengandung banyak nutrisi, salah satunya yaitu vitamin A dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam serangan penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri dan zat asing lainnya.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Tomat mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan likopen pada tomat juga bermanfaat untuk meningkatkan massa tulang. Kondisi tulang yang sehat akan mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Kolesterol jahat sangat berbahaya dan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengkonsumsi buah tomat. Hal ini karena tomat mengandung niacin yang bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan kolesterol jahat.

  1. Mengontrol gula darah

Buah tomat mengandung kromium yang berkhasiat untuk mengontrol dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Apabila dikonsumsi secara rutin maka akan berdampak baik bagi kesehatan karena mampu mencegah penyakit diabetes.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat tomat untuk kesehatan yang lainnya yaitu membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Tomat mengandung likopen yang bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Mengkonsumsi tomat secara rutin akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah tomat berperan penting dalam meningkatkan penglihatan dan menjaga kesehatan mata. Selain itu, tomat mampu meminimalisir degenenari makula pada mata. Penyakit tersebut termasuk kategori yang paling sulit untuk disembuhkan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tomat merupakan sumber likopen yang berkhasiat untuk mencegah kerusakan jaringan kulit. Mengkonsumsi tomat secara teratur akan membuat kulit Anda tetap halus dan sehat sehingga mencegah berbagai macam penyakit kulit.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Tomat sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung karena mampu mengontrol kolesterol jahat. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin B6 yang berkhasiat dalam mencegah kerusakan pembuluh darah sehingga menjaga kesehatan jantung. Kandungan potassium pada tomat mapu menurunkan tekanan darah.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tomat bisa menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi. Hal ini karena tomat merupakan salah satu buah yang rendah kandungan kalori sehingga sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

  1. Meredakan peradangan

Manfaat tomat bagi tubuh yang terakhir yaitu untuk meredakan peradangan. Tomat mengandung flavonoid dan karotenoid sebagai anti imflamasi untuk meredakan dan mengobati peradangan. Selain itu, tomat mampu mengatasi rasa sakit akibat dari peradangan.

Related Posts

Share This